Tips   Leave a comment

 

Tips menempel Veneer, HPL, Tacon, PVC

Aplikasi finishing tempel untuk furniture

Dalam tulisan ini sekarang saya mungkin akan membahas sedikit tentang finishing pada furniture dan bagaimana cara melakukannya. Karena beda material pada finishing beda pula pengaplikasiannya. seperti kita ketahui finishing sangat penting terhadap funiture selain untuk nilai estetika dari furniture itu sendiri juga untuk membuat furniture itu menambah ketahanan kayu itu dari faktor external seperti cuaca yang lembab, benturan dll.

Seperti kita ketahui finishing ada beberapa jenis yaitu, Finishing cat (melamik & duco) dan finishing tempelan yang berupa bahan sintetis yaitu Veneer (lapisan tipis kayu asli), HPL (laminate), Tacon, PVC (polyvinyl carbonate) yang bentuknya berupa lembaran atau roll dan direkatkan dengan menggunakan lem khusus.

Ok, untuk pengaplikasiaan pada bidang kayu (Plywood, MDF dan Particel Board) adalah sama. Tetapi tergantung dari material apa yang akan kita pakai.

Finishing pada Veneer lebih mudah dibanding  material tempel lainnya..karena cukup menggunakan lem kuning atau lem putih (bila dengan lem putih biasanya harus lama pada proses penge-press-an) supaya tidak mudah lepas. Hanya saja untuk benar-benar bagus harus di cat semprot atau kuas (untuk detil fiinshing veneer pada kesempatan lain akan saya bahas)

Untuk finishing  HPL dan Taconsheet, lem yang digunakan bisa untuk semua lem dari rentang harga Rp. 85.000 keatas atau bisa kita lihat dari tingkat kekentalan lem tersebut (karena biasanya beda harga beda pula tingkat kekentalannya dan beda pula daya tahannya..harga gak bisa bohong sob..hehehe ). Mungkin yang perlu diperhatikan adalah saat menyambung siku/sudut dari bidang tersebut dan saya menyarankan untuk siku/sudut tersebut lebih baik menggunakan lapisan edging (yg lebarnya 2 cm s/d 5 cm). Bisa juga menggunakan HPL tersebut dan saya menyarankan juga untuk pergi ke tukang cat oplosan meminta mereka supaya membuat warna pokok yang sama dari HPL tersebut (seperti kita ketahui pada HPL selalu hitam pada bekas potongannya) agar kita bisa menutupi/menyamarkan bekas potongan tadi.

Terakhir finishing menggunakan PVC ((polyvinyl carbonate), memang agak susah untuk mendapatkan hasil yang bagus karena material ini sangat tipis (0,04mm, sekali lagi harga gak bisa bohong hehehe.  lanjuut..) tapi jangan kuatir asal kita bisa sabar pasti hasil yang didapat bisa maksimal. Untuk aplikasi pvc ini biasanya (kami di workshop) menggunakan lem dengan harga Rp. 85,000,- s/d Rp. 90,000,- karena mengejar tingkat kekentalan yang sedikit encer supaya saat penempelan bisa diurut (menggunakan kayu dilapisi kain) sambil ditekan ke material kayunya bila menggunakan lem yang kekentalannya tinggi biasanya akan menggelembung seperti udara (lagipula dari sisi penjualan biasanya finishing dengan pvc ini sangat murah harga per-unitnya, saya memang tidak sarankan). Untuk sudut-sudutnya lebih baik dilakukan pelipatan dengan cara dipotong dengan cutter dan jangan sampai terpotong putus pvc itu supaya bisa dilipat dan dijadikan edging. Untuk pemotongan pada sisa2 lipatan itu lebih baik saya sarankan menggunakan media tidak tajam (supaya garis pemotongan lainnya tidak terkena/terserut).

Untuk aplikasi diatas (kecuali veneer) memang lebih baik menggunakan edging untuk menutup sisi2 material tersebut..tapi harus diingat juga pada siku/sudut edging tersebut dihaluskan menggunakan mata router khusus. Dan untuk veneer (bila budgetnya bagus akan lebih kuat dengan menggunakan lem heverin yang harganya Rp. 250,000an)

Semoga tulisan dari pengalaman kita di workshop bisa berguna bagi kawan2 semua.. thanks 4 all.

 

Iklan

Posted 15 Mei 2012 by JOJO in Beranda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: